Monday 13 July 2015

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MENGGUNAKAN SASARAN KERANJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SOKATENGAH 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

download file lengkap

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ditemukan beberapa masalah yang kompleks, khususnya pada pembelajaran lempar tangkap bola kecil. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor 1.Siswa terlihat kurang tertarik pada pelajaran Penjas, 2.Siswa cepat bosan pada saat mengikuti pelajaran Penjas, 3.Belum adanya metode yang pas. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: “Apakah model pembelajaran lempar tangkap bola menggunakan sasaran keranjang dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas V SD Negeri Sokatengah 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran lempar tangkap bola menggunakan sasaran keranjang dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas V SD Negeri Sokatengah 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Sokatengah 02 kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dengan subyek penelitian kelas V dengan jumlah 30 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan melalui hitungan rumus yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran lempar tangkap bola menggunakan sasaran keranjang, pada siswa kelas V SD Negeri Sokatengah 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil belajar siswa yang melebihi KKM yang ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 4,4 % yaitu dari 74,8% (siklus I) menjadi 79,2% (siklus II) dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan 27% yaitu dari siklus I 70% menjadi silus II 97%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran lempar tangkap bola menggunakan sasaran keranjang dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola. Berkaitan dengan simpulan, maka peneliti dapat mengajukan saran : 1) Guru terus berusaha meningkatkan kemampuannya sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukannya dapat terus meningkat. 2) Kepada guru yang belum mengembangkan model pembelajaran bermain hendaknya mencoba teknik tersebut 3) Siswa senantiasa rajin mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan jangan takut mencoba permainan baru.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver