SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF
ABSTRAK
Kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 08 masih rendah
karena untuk menyebutkan jumlah benda dengan angka yang melambangkan
masih banyak kesalahan, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti
menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan metode bermain bowling aritmatika di TK Kemala
Bhayangkari 08 untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan
permulaan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 08
Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang pada bulan Juli-Agustus 2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap
siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Pengambilan data kuantitatif dan kualititatif. Indikator
keberhasilan adalah sebagai berikut : meningkatnya kemampuan mengenal
angka dan berhitung anak 80% dan kinerja guru Baik dengan kriteria
pengelolaan ruang dan fasilitas pembelajaran baik, melaksanakan kegiatan
pembelajaran baik, mengelola interaksi kelas baik, bersikap terbuka dan
luwes serta membantu mengembangkan sikap positif anak terhadap belajar
baik, mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran tertentu
baik, Melaksanakan evaluasi proses an hasil belajar baik dan penggunaan
bahasa indonesia yang tepat baik.. Berdasarkan data penelitian siklus I
diperoleh kemampuan mengenal angka dan berhitung anak mencapai 53%. Pada
siklus II mengalami peningkatan yaitu 70%. Pada siklus III mengalami
peningkatan yang sangat baik yaitu 92%. Berdasarkan dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan permainan bowling
aritmatika di TK Kemala Bhayangkari 08 dapat meningkatkan kemampuan
mengenal angka dan berhitung pada anak dan meningkatkan kinerja guru.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan
permainan bowling aritmatika dalam pembelajaran terutama untuk
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka, menghitung penjumlahan
dan pengurangan pada anak usia dini.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment