Abstract
Hakikat
bidang ilmu biologi memiliki karakteristik yang berhubungan dengan
konsep abstrak. Banyak proses suatu gejala yang hampir tidak mudah
dijelaskan secara lisan. Selain itu, pengkajian terhadap objek belajar
juga hampir tidak dapat ditemukan dalam lingkungan belajar terutama pada
Sistem Reproduksi Manusia. Bersamaan dengan hal tersebut, penggunaan
model pembelajaran oleh guru cenderung menerapkan model ceramah
berbantuan teknologi yang kurang inovatif. Sehingga, pemahaman siswa
terhadap materi kurang. Terukur dari hasil ulangan harian tiga tahun
terakhir yang rata-rata 70% siswa tidak mencapai batas Kriteria
Ketuntasan Minimum. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memperoleh
data tentang adanya perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap
positif yang digambarkan dalam bentuk nilai ulangan harian dan hasil
observasi dengan bantuan Buku Pintar Elektronik. Metode yang digunakan
adalah perpaduan model Computer Assisted Instruction (CAI) dan instruksi
tradisional ceramah. CAI direpresentasikan dalam bentuk Buku Pintar
Elektronik yang menampilkan visualisasi untuk menjelaskan konsep
abstrak. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2
Pemalang sebanyak 34 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung hasil tes dan
analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi dan uji validasi
media. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian
terukur dari penerapan Buku Pintar Elektronik dalam mendukung daya ingat
dan fokus belajar. Sehingga, dapat meningkatkan pengetahuan,
keterampilan dan sikap positif. Terbukti dari persentase jumlah siswa
yang memenuhi Kriteri Ketuntasan sebesar 82,35% pada siklus pertama dan
94,12% pada siklus kedua. Sedangkan, sikap siswa terukur dengan skor
69,94% pada siklus pertama kemudian meningkat menjadi 79,61% pada siklus
kedua. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa t tabel = 2,03 < t
hitung = 6 (tes 1) dan 11 (tes 2) yang berarti Ha diterima bahwa
penerapan Buku Pintar Elektronik mampu meningkatkan pengetahuan,
keterampilan dan sikap positif siswa. Dengan demikian, pada penyampaian
materi lain disarankan mengandung konsep visual dalam bentuk gambar
bergerak. Karena, ketertarikan siswa XI IPA 3 akan video sangat tinggi
sebagai tontonan yang dapat memberi fokus belajar mereka.
0 comments:
Post a Comment