SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK
Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kajian yang
mengemban misi nasional untuk mencerdaskan bangsa Indonesia melalui
pendidikan berbasis moral.Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan,
diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn yang berlangsung peran guru
sebagai fasilitator kurang optimal, minat siswa terhadap mata pelajaran
PKn rendah, dan pemanfaatan media kurang optimal.Hal tersebut berdampak
pada hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu 17 dari 26 siswa belum
mencapai KKM. Memperhatikan beberapa kendala tersebut, peneliti ingin
memperbaiki kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas
dengan model siklus belajar yang terdiri atas tahap pembangkitan minat,
eksplorasi, penjelasan, elaborasi, dan evaluasi.Rumusan masalah
penelitian ini adalah bagaimana penerapan model siklus belajar
berbantuan media video pembelajaran dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn pada kelas VA SD Lab School Unnes.Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model
siklus belajar berbantuan media video pembelajaran pada kelas VA SD Lab
School Unnes. Rancangan penelitian initerdiri dari 3 siklus dengan
setiap siklus 1 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa
kelas VASD Lab School Unnes. Variabel dalam penelitian ini adalah
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Teknik
pegumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I diperoleh
skor 25kategori baik, siklus II diperoleh skor 31 kategori sangat baik,
dan siklus III diperolehskor 34 kategori sangat baik. Skor rata-rata
aktivitas siswa siklus I sebesar 26,8 kategori baik, siklus II diperoleh
skor 29,5 kategori sangat baik, siklus III diperoleh skor 31,2 kategori
sangat baik. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 77,8 kategori cukup
dengan ketuntasan klasikal 73%, siklus II rata-rata 84 kategori baik
dengan ketuntasan klasikal 84%, siklus III rata-rata 88,07 kategori baik
dengan ketuntasan klasikal 88,46%. Disimpulkanbahwa melalui penerapan
model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas VA SD Lab School
Unnes.Hendaknya model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran
dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment