SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA SISWA KELOMPOK A1 TK AN NUR II STAN MAGUWOHARJO DEPOK
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
khususnya pada komponen koordinasi, ketepatan dan keseimbangan melalui
permainan bowling.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah anak kelompok A1 TK An Nur II Stan Maguwoharjo Depok tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 anak. Objek dalam penelitian ini
adalah peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan
bowling. Adapun pengumpulkan data adalah melalui observasi dan
dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar meningkat
melalui permainan bowling yang didukung oleh komponen –komponen
kebugaran jasmani antara lain: koordinasi, ketepatan dan keseimbangan.
Kegiatan pembelajaran pada Sikus I dilakukan melalui pengenalan
terlebih dahulu kepada anak mengenai permainan bowling, kemudian guru
memberikan contoh bermain bowling yang benar kepada anak, sehingga anak
dapat memahami kegiatan pembelajaran melalui permainan bowling. Pada
Siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan
permasalahan-permasalahan yang muncul pada Siklus I seperti pemberian
motivasi dan bimbingan yang lebih khusus kepada anak agar kegiatan
pembelajaran melalui permainan bowling dapat lebih meningkat sesuai
dengan indikator keberhasilan yang akan di capai. Hal ini terlihat dari
hasil observasi pada pra tindakan, anak yang mendapatkan kriteria sangat
baik 3 anak(12,5%). Siklus I anak yang mendapat kriteria sangat baik
sebanyak 5 anak(20,83%) dan pada Siklus II anak yang mendapatkan
kriteria sangat baik meningkat menjadi 21 anak(87,5).
Kata kunci : motorik kasar, permainan, bowling
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment