SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI TK PERTIWI KENJER KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak didik Taman
Kanak-kanak TK Pertiwi Kenjer di Kenjer Kertek Wonosobo dalam
pengetahuan sainsnya melalui metode atau pendekatan eksplorasi
lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan dengan tindakan kelas dengan
metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitiannya anak didik TK
Pertiwi Kenjer Kelompok B yang terdiri dari 19 anak, di Kenjer Kertek
Wonosobo. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
persentatif dan deskriptif aktivitas anak didik. Validitas data
menggunakan validitas isi (content validity). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan
kemampuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal
sebelum dilakukan tindakan, rata-rata persentasi kemampuan sains anak
sebesar 31%. Kemudian setelah dilakukan tindakan penelitian kelas
melalui Eksplorasi Lingkungan Sekitar rata-rata persentasi kemampuan
sains anak meningkat menjadi 41%. Berikutnya pada siklus II rata-rata
persentasi kemampuan sains anak meningkat sebesar 59% dan terakhir pada
siklus III ratarata persentasi kemampuan sains anak sudah mencapai
target sesuai dengan yang diharapkan peneliti yaitu sebesar 83%.
Kesesuaian penggunaan metode pembelajaran akan menentukan tercapainya
tujuan pendidikan. Semua tujuan pendidikan yang ingin dicapai selayaknya
sudah tersusun dalam kurikulum sebagai alat yang harus dimiliki guru
dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan cara menggunakan alat akan sangat
bergantung pada kompetensi guru. Kemampuan guru dalam menghubungkan
tujuan pendidikan dengan cara mencapainya tidak lepas dari tiga langkah
penting. Tiga langkah penting ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Penentuan metode pembelajaran terjadi pada tiga proses langkah
penting tersebut. Penentuan metode eksplorasi lingkungan sekitar untuk
meningkatkan pengetahuan sains adalah cara yang tepat dan terbukti
berhasil dalam praktik Penelitian Tindakan Kelas di TK Petiwi kenjer
kelompok B, Kenjer Kertek Wonosobo.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment