SKRIPSI
(PENDIDKAN TEKNIK INFORMATIKA)
PENINGKATAN KETERAMPILAN FOTOGRAFI KAMERA DSLR DENGAN METODE DRILL DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATENM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran
drill (latihan siap) dan pendekatan scientific dalam meningkatkan
keterampilan fotografi kamera DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto
Digital siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten serta untuk
mengetahui tanggapan siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten
terhadap penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dan
pendekatan scientific pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas
kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten Semester Ganjil Tahun Akademik
2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua
siklus dan setiap pertemuan dilakukan pengamatan keterampilan fotografi
kamera DSLR siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunaan lembar observasi keterampilan fotografi kamera DSLR, angket,
dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan fotografi kamera
DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa kelas XI
Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten dapat ditingkatakan dengan penerapan
metode pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific. Hal
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan fotografi
kamera DSLR siswa pada setiap siklusnya, pada Pra Tindakan skor
rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR daalah sebesar 14,90, pada
Siklus I pertemuan pertama meningkat 3,33% menjadi 15,90 kemudian
meningkat 8,39% menjadi 18,41 pada Siklus I pertemuan kedua. Pada Siklus
II pertemuan pertama skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR
siswa mengalami peningkatan 11.84% menjadi 21,97, dan pada Siklus II
pertemuan kedua skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR siswa
meningkat 9,98% menjadi 24,69. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode
pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific pada mata
pelajaran Komposisi Foto Digital di kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1
Klaten menunjukkan tanggapan yang positif yang ditunjukkan dengan
presentase skor angket respon siswa sebesar 81,86%.
Kata kunci : metode drill, pendekatan scientific, keterampilan fotografi
kamera DSLR, tanggapan siswa
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment