Abstract
ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA
MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI
SMA NEGERI KARANGNONGKO
KLATEN
Oleh:
Hendri Setiawan
07520244068
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
dan mengetahui tanggapan siswa kelas XI IPA SMA Negeri Karangnongko pada
mata pelajaran biologi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment)
dengan menggunakan design “pre-test-pos-test control group design”. Sasaran
penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa yang berjumlah 30 siswa, pada
mata pelajaran biologi setelah diberikan perlakuan. Aspek yang diteliti meliputi
hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai indikator keberhasilan peningkatan
hasil belajar. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
tes pada kelas kontrol untuk mengetahui prestasi siswa sebelum diberikan
perlakuan, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menggunakan
media interakrif dan powerpoint, selanjutnya dilakukan post-test pada akhir
pembelajaran. Peningkatan hasil belajar diukur dari pencapaian hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil
belajar mata pelajaran biologi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif
dengan power point. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami
peningkatan ketuntasan pada materi pernafasan sebesar 14% (powerpoint) dan
47,6% (multimedia interaktif); pada materi ekskresi sebesar 28,6% (power point)
dan 47,6% (multimedia ineteraktif); dan pada materi koordinasi sebesar 28,6%
(powerpoint) dan 38,1% (multimedia interaktif). Dengan demikian penerapan
pembelajaran menggunakan media interaktif (kelas eksperimen) termasuk dalam
kategori yang tinggi jika dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan pada
kelompok pembelajaran menggunakan power point (kelas kontrol).
Kata kunci: hasil belajar, multimedia, pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment