Abstract
EFEKTIVITAS
PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT
KERAS KOMPUTER DI SMP N 1 KARTASURA
Oleh
Hafid Arrofiqi
NIM. 09520244079
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
materi Perangkat Keras Komputer pada yang pembelajarannya menggunakan
visualisasi pembelajaran berbasis Video Compact Disc (VCD) dengan siswa
yang pembelajarannya tidak menguunakan visualisasi pembelajaran berbasis
VCD; (2) mengetahui efektivitas penggunaan visualisasi pembelajaran
berbasis VCD.
Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
deskriptif-komparatif yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi
experiment). Untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran Teknologi
Informasi Dan Komunikasi digunakan test. Soal test tersebut sebelumnya
dilakukan uji validitas dan reliabilias. Untuk mencari perbedaan hasil
belajar yang digunakan adalah uji-t. Sedangkan untuk mencari efektivitas
penggunaan visualisasi pembelajaran yang digunakan adalah uji gain
score.
Setelah dilakukan analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan (1)
Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya
menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD dengan siswa yang
pembelajarannya tidak menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD
pada Mata Pelajaran TIK kelas VII di SMP N 1 Kartasura. Sebelum
menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD, rata-rata hasil
belajar adalah 65,56 dan setelah menggunakan visualisasi pembelajaran
berbasis VCD meningkat menjadi 86,67. (2) Hasil dari perhitungan uji
gain score menunjukan hasil sebesar 0,613. Dari hasil perhitungan uji
gain score tersebut maka penggunaan visualisasi pembelajaran berbasis
VCD termasuk efektif dengan kategori sedang.
Kata Kunci : perbedaan, efektivitas, visualisasi pembelajaran berbasis
VCD
0 comments:
Post a Comment