Abstract
PENGARUH
KESIAPAN KERJA SISWA, POLA ASUH ORANG TUA, PRESTASI MATA PELAJARAN
ADAPTIF, DAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA
KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN
LUCKY AMELIA
NIM 09520244077
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja siswa,
sebaran jenis pola asuh orang tua, dan mendeskripsikan pengaruh kesiapan
kerja siswa, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif
terhadap prestasi praktik kerja industri (prakerin) kelas XII program
keahlian multimedia SMK Negeri 1 Godean.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga
penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data variabel
kesiapan kerja dan pola asuh orang tua menggunakan angket dengan skala
likert. Validitas isi instrumen dilakukan oleh Expert Judgement dan
validasi konstruk dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Uji
reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data variabel
mata pelajaran adaptif, dan produktif menggunakan dokumentasi rapor.
Data prestasi prakerin menggunakan dokumentasi nilai dari pihak industri
yang dikumpulkan pada guru pengampu praktik kerja industri. Deskripsi
data yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif untuk
menghitung harga mean, median, modus, dan standar deviasi. Uji prasyarat
analisis normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan
heteroskedastisitas dilakukan sebelum melakukan uji regresi. Analisa
data korelasional untuk menguji hipotesis tersebut ada hubungan atau
tidak dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan
rhitung dengan rtabel. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer dan
program SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) rerata nilai kesiapan kerja siswa
adalah 108,4 yang termasuk kategori tinggi dalam rentang X>102; (2)
pola asuh orang tua siswa dominan menerapkan pola asuh autoritatif
dengan nilai sebesar 46%; (3) kesiapan kerja siswa berpengaruh positif
terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=65,721+1,94X1
sebesar 48,6%; (4) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap
prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=79,131+1,25X2 sebesar 26%;
(5) mata pelajaran adaptif berpengaruh positif terhadap prestasi
prakerin sesuai dengan persamaan Y=51,12+4,42X3 sebesar 19,1%; (6) mata
pelajaran produktif berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin
sesuai dengan persamaan Y=50,997+4,26X4 sebesar 24,4%; (7) kesiapan
kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif secara
bersama berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan
persamaan Y=24,313+0,151X1+0,020X2 +0,260X3+0,248X4 dengan sumbangan
efektif sebesar 69,5%.
Kata Kunci: kesapan kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran, adaptif,
produktif, praktik kerja industri
0 comments:
Post a Comment