Abstract
PENGARUH
LINGKUNGAN BELAJAR DAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN
ABSTRAK
Oleh
Heri Triyogo
09520244067
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pengaruh
lingkungan belajar terhadap hasil belajar, (2) mengetahui pengaruh
karakter terhadap hasil belajar, dan (3) mengetahui pengaruh lingkungan
belajar dan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Playen.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan
expost facto. Populasi penelitian adalah semua Siswa kelas XI Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Playen
sebanyak 78 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 66 orang ditentukan
dengan menggunakan rumus Slovin, selanjutnya sampel setiap kelas
ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan
dengan angket dan nilai raport. Analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) lingkungan belajar berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan garis
regresi Y = 0.166X1 +65,684 dan kontribusi pengaruh sebesar 27,4 persen,
(2) karakter berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa
dengan persamaan garis regresi Y = 0.075X2 +66,333 dan kontribusi
pengaruh sebesar 21 persen, (3) lingkungan belajar dan karakter secara
bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa
dengan persamaan garis regresi Y = 0.124X1 + 0.039X2 + 63,724 dan
kontribusi pengaruh sebesar 31,2 persen.
Kata kunci : Lingkungan Belajar, Karakter, dan Hasil belajar
0 comments:
Post a Comment