Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL,
KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK
SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG TAHUN
AJARAN 2013/2014
Oleh:
Hangga Sagita Permana
NIM.07520244119
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaya belajar
Visual terhadap hasil belajar TIK, (2) Pengaruh gaya belajar Auditorial terhadap
hasil belajar TIK, (3) Pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar TIK,
(4) Pengaruh gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Wonotunggal yang
berjumlah 104 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode
pengambilan data menggunakan kuesioner untuk variabel gaya belajar visual,
auditorial, dan kinestetik, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan
dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis
adalah dengan teknik analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh
sebesar 7.3%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar
auditorial terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 6.15%; (3)
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap
hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 5.7%; (4) Terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan dari gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil
belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 12.3%.
Kata kunci : gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik,
hasil belajar.
0 comments:
Post a Comment