Abstract
PENINGKATAN
HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA
PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN
INFORMASI (KKPI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS XI TKJ
DI SMK NEGERI 1 SINE
Oleh :
Afifatul Khoiriyah
NIM. 11520241022
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
keaktifan siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan
Pengelolaan Informasi (KKPI) melalui model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Sine.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI TKJ 1 Semester genap Tahun akademik 2014/2015 dengan
jumlah 33 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali
pertemuan pada tiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) pada mata pelajaran KKPI dapat meningkatkan hasil
belajar dan keaktifan siswa kelas XI TKJ 1 di SMK N 1 Sine. Hal tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap
siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar pengetahuan
siswa sebesar 74,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,64. Hasil
belajar ketrampilan siswa pada siklus I sebesar 80,30 meningkat pada
siklus II menjadi 84,44. Model PBL juga dapat meningkatkan keaktifan
siswa, pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu
67,59% . Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar siswa
yaitu 78,30%.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, keaktifan
siswa, KKPI
0 comments:
Post a Comment