Abstract
TUGAS AKHIR SKRIPSI
KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA
TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN
KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI
SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh: Griyani Fatih R.
NIM. 07520244069
ABSTRAK
Ketersediaan sarana dan prasarana TI yang mendukung merupakan
komponen penting dalam penyelenggaraan mata pelajaran KKPI. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan sarana dan prasarana TI untuk
mendukung mata pelajaran KKPI di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta secara riil
sesuai keadaan di lapangan pada tahun ajaran 2010/2011, berdasarkan standar
PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008. Penentuan kualitas berdasarkan
standar SEAMOLEC dan BAN.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian
adalah laboratorium komputer yang digunakan untuk pembelajaran KKPI. Objek
penelitiannya adalah sarana TI yang berada di laboratorium komputer dan
laboratorium komputer itu sendiri sebagai prasarananya. Teknik pengumpulan data
observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah checklist yang digunakan
pada saat observasi. Data sarana dan prasarana hasil observasi kemudian
dibandingkan dengan standar sarana dan prasarana dari PERMENDIKNAS RI No. 40
Tahun 2008. Kualitas sarana dan prasarana dibandingkan dengan standar
SEAMOLEC dan BAN. Diperhatikan pula use factor hardware dan laboratoriumnya.
Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif. Selain itu
juga menggunakan proses perhitungan presentase, dengan cara membagi hasil skor
riil dengan skor ideal kemudian hasil bagi tersebut dikalikan dengan seratus persen.
Prosentase yang diperoleh selanjutnya akan diinterpretasikan ke dalam 5 kriteria
pencapaian, yaitu sangat layak, layak, cukup, tidak layak dan sangat tidak layak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan sarana dan
prasarana TI yang mendukung mata pelajaran KKPI di SMK Negeri se-Kota
Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011 adalah termasuk dalam kriteria sangat layak,
dengan perolehan prosentase sebesar 86%. Kategori hardware memperoleh
predikat cukup. Kategori software berpredikat sangat layak dengan perolehan
100%. Kategori media pendidikan, perabot dan perlengkapan laboratorium
termasuk kriteria sangat layak. Prasarana yang ada sebagian besar masih belum
layak dan tidak memenuhi standar, dengan rata-rata sekolah mengalami masalah
pada kelebihan jam pakai laboratorium.
Kata kunci: kelayakan, sarana dan prasarana, laboratorium komputer
0 comments:
Post a Comment