Thursday, 19 October 2017

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 SEMARANG

PDF - Published Version
Download (2595Kb)

    Abstract

    Mata Pelajaran TIK adalah salah satu mata pelajaran yang apabila tanpa adanya praktikum kurang lengkap. Namun siswa juga kurang semangat dengan teori TIK. Tujuan penelitian ini untuk memaksimalkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses dan hasil belajar TIK melalui model pembelajaran TAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan posttest only kontrol group design. Teknik pengambilan sampel dengan sampling insidental, yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Data awal dari nilai UTS semester genap kelas VIII yang sebelumnya dianalisis dan berdistribusi normal serta mempunyai varians yang sama. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, diantaranya faktor keadaan fisik dan psikis siswa, yang ditunjukkan oleh kecerdasan, kesehatan, motivasi, ketekunan, ketelitian, keuletan, dan minat. Faktor kapasitas guru yang mengajar dan membimbing siswa, seperti latar belakang pendidikan, penguasaan keilmuan, dan kemampuan mengajar. Faktor sarana pendidikan, yaitu ruang tempat belajar, alat-alat belajar, media yang digunakan guru, dan buku sumber belajar. Hasil belajar siswa kelas eksperimen melebihi KKM dan lebih tinggi dari kelas kontrol pada materi menjelaskan fungsi menu dan ikon Microsoft Excel 2007, sehingga penerapan model pembelajaran TAI sangat efektif terhadap hasil belajar siswa.

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver