Tuesday 20 November 2018

PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA X TKJ SMK N 4 KLATEN

Skripsi_Danar Ardianto_13520241057.pdf 
Download (6MB) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Peer Teaching pada kompetensi Instalasi Sistem Operasi kelas X TKJ 1 di SMK N 4 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subyek penelitian yaitu 33 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode observasi berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dengan 7 indikator dan juga tes hasil belajar berupa Pre dan Post test setiap siklus. Sedangkan dokumentasi mencakup semua foto yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Teaching pada mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada Siklus I, persentase rata-rata prestasi belajar siswa 14% dan pada Siklus II meningkat menjadi 44%. Di satu sisi, Siklus I keaktifan belajar dengan skor rata-rata 69%. Dan Siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa menurun menjadi 65%.

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver