Tuesday 20 November 2018

PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA X TKJ SMK N 4 KLATEN

Skripsi_Danar Ardianto_13520241057.pdf 
Download (6MB) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Peer Teaching pada kompetensi Instalasi Sistem Operasi kelas X TKJ 1 di SMK N 4 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subyek penelitian yaitu 33 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode observasi berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dengan 7 indikator dan juga tes hasil belajar berupa Pre dan Post test setiap siklus. Sedangkan dokumentasi mencakup semua foto yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Teaching pada mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada Siklus I, persentase rata-rata prestasi belajar siswa 14% dan pada Siklus II meningkat menjadi 44%. Di satu sisi, Siklus I keaktifan belajar dengan skor rata-rata 69%. Dan Siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa menurun menjadi 65%.

    PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BURSA KERJA ONLINE BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

    SKRIPSI_Ilham Anasruloh_14520241012_scan.pdf 
    Download (8MB) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan sistem informasi bursa kerja online yang dapat mengatasi kurangnya informasi lowongan kerja dan informasi industri untuk siswa dan alumni di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. (2) menguji dan mengetahui kualitas sistem informasi bursa kerja online berbasis web di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dengan melakukan pengujian berdasarkan standar ISO/IEC 25010 dari functional suitability, usability, reliability, performance efficiency, dan maintainability. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan metode pengembangan Waterfall. Subjek penelitian pada aspek pengujian functional suitability menggunakan 2 responden ahli dalam pengembangan web. Subjek penelitian pada aspek usability menggunakan 20 responden yang terdiri 3 guru tim BKK di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dan 17 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan instrumen functional suitability, performance efficiency, usability, reliability, dan maintainability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mengatasi kurangnya informasi lowongan kerja dan informasi industri untuk siswa dan alumni SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dengan memberikan informasi lowongan kerja dan informasi industri melalui pengembangan sistem informasi bursa kerja online. Sistem Informasi Bursa Kerja Online di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dikembangkan dengan framework Codeigniter sesuai dengan kebutuhan dari pihak sekolah. Fitur sistem ini berupa manajemen informasi lowongan kerja, manajemen industri, manajemen kategori lowongan, dan formulir yang dapat di download siswa melalui sistem. (2) kualitas dari Sistem Informasi Bursa Kerja Online di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dinyatakan layak berdasarkan uji standar ISO 25010. Hasil yang diperoleh dari uji functional suitability sistem informasi bursa kerja online berjalan 100% dengan keterangan nilai X sebesar 1, sehingga dinyatakan terpenuhi. Pada uji aspek performance efficiency sistem dinyatakan terpenuhi dengan nilai rata-rata PageSpeed Insight sebesar 98,41, YSlow sebesar 87,11, dan waktu rata-rata sebesar 2,52. Pada uji aspek usability kemudahan untuk pengguna telah terpenuhi dengan nilai SUS sebesar 74,13. Pada uji aspek reliability telah terpenuhi dengan nilai 99,6%. Pada uji aspek maintainability skor yang diperoleh yaitu 88,94 menggunakan PHPMetrics.

      PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL MATERI LOGIKA DAN ALGORITMA UNTUK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

      SKRIPSI_14520244011_ANASIKHATUSSALAFI.pdf 
      Download (8MB) | Preview

        Abstract

        Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti ketika melakukan PLT di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, masalah yang peneliti temukan diantaranya kurangnya sumber belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital serta belum adanya media pembelajaran e-modul interaktif pada mata pelajaran Simulasi Digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. Tujuan penelitian dalam pembuatan E-Modul ini yaitu mengembangkan media pembelajaran untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa serta menguji kelayakan dari e-modul. Model pengembangan untuk e-modul interaktif yang peneliti kembangkan akan dikembangkan menggunakan model pengembangan APPED (Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, dan Diseminasi). Model pengembangan APPED adalah model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang diinspirasi akan kebutuhan penelitian jenis R&D dimana pada tahap awal diperlukan upaya penelitian sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan. Proses perancangan menggunakan Adobe Photoshop CC, dan proses produksi menggunakan Adobe Flash CC. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan objek penelitiannya di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian dilakukan menggunakan dua tahap yaitu pengujian media menggunakan langkah evaluasi pada APPED dan pengujian perangkat lunak menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul interaktif Simulasi Digital untuk kelas X SMK Muhammadiyyah 1 Bambanglipuro telah memenuhi kriteria aspek isi, instruksionalitas, dan tampilan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengujian kepada ahli materi adalah 88%, hasil yang diperoleh pengujian kepada ahli media adalah 87%, hasil yang diperoleh pengujian kepada pengguna adalah 84%, serta hasil yang diperoleh pada pengujian functional suitability adalah 100%, sehingga aplikasi e-modul interaktif dikatakan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran sebagai sumber belajar siswa.

        PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI E-RAPOR KURIKULUM 2013 BERBASIS WEB DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

        Skripsi_Muhammad Hafidh Al Hakim_13520241082.pdf 
        Download (7MB) | Preview

          Abstract

          Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang dan mengembangkan sistem informasi pengelolaan nilai rapor berbasis web. (2) Melakukan pengujian berdasarkan 5 karakteristik dalam standar ISO 25010 terhadap sistem informasi yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan spiral. Pengembangan dilakukan sebanyak 3 kali iterasi, tiap iterasi terdiri dari 5 kegiatan, yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Pengujian dilakukan bedasarkan standar ISO 25010 pada karakteristik usability, functional suitability, reliability, performance efficiency, dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Sistem informasi e-rapor kurikulum 2013 berbasis web yang dapat digunakan untuk membantu proses pengelolaan nilai rapor di SMK Negeri 1 Pundong secara terpusat. (2) Sistem informasi yang dikembangkan telah memenuhi lima karakteristik standar ISO 25010, yaitu usability, functional suitability, reliability, performance efficiency, dan maintainability dengan hasil usability sebesar 88,7% (sangat layak) dan alpha cronbach sebesar 0,928 (excellent), hasil functional suitability sebesar 1, hasil reliability sebesar 99,55%, hasil performance efficiency dengan PageSpeed score sebesar 94,1%, YSlow score 88,9%, dan loaded time sebesar 2,0 detik, serta hasil maintainability sebesar 91,17.

          PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

          Naskah Skripsi.pdf 
          Download (22MB) | Preview

            Abstract

            Selama ini algoritma menjadi tumpuan dalam melakukan pemrograman, tetapi kurang diminati oleh siswa karena dianggap tidak penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan permainan dengan konsep puzzle sebagai media pembelajaran algoritma yang menarik dan menyenangkan, (2) memastikan kualitas permainan yang dikembangkan agar layak digunakan dengan melakukan pengujian aspek fungsionalitas, aspek materi, compatibility testing, balance testing, compliance testing, playtesting, dan usability testing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. ADDIE memiliki 5 tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Permainan yang dikembangkan terdiri dari 3 bagian utama: (1) menu utama yang berisi menu main, pengaturan, cara bermain, tentang permainan, profil pengembang, papan skor, dan keluar, (2) menu level yang berisi menu pemilihan level, dan (3) permainan yang berisi karakter, peta, dan blok perintah yang harus disusun. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) permainan puzzle yang digunakan sebagai media pembelajaran konsep dasar algoritma, (2) kualitas permainan layak digunakan dengan hasil pengujian fungsionalitas dan compatibility mendapatkan persentase kelayakan 100% (sangat layak), pengujian oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan 85% (sangat layak), pengujian oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 83,93% (layak), pengujian oleh pengguna mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82,05% (layak) dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,92 (excellent).

            ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

            Skripsi_14520241045_Anjasmoro Adi Nugroho.pdf 
            Download (8MB) | Preview

              Abstract

              Ujian akhir semester merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat kemampuan siswa. Tetapi terdapat banyak kekurangan dalam penyelenggaraan ujian akhir semester seperti beban guru dalam mengkoreksi hasil ujian, risiko kecurangan peserta ujian, kehilangan/kerusakan lembar jawaban, dan pemborosan kertas. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas pelaksanaan ujian akhir semester menggunakan sistem berbasis web, (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian yang memenuhi standar ISO 25010, meliputi aspek functional suitability, usability, reliability, performance efficiency, dan maintainability. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rational Unified Process (RUP). RUP memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem ujian akhir semester untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ujian akhir semester. (2) Sistem telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada aspek functional suitability sebesar 1 (semua fitur dapat diimplementasikan), aspek usability sebesar 85.33% (sangat layak) dan alpha cronbach sebesar 0.87 (excellent), aspek reliability subkarakteristik successful sessions sebesar 100%, successful pages sebesar 100%, dan successful hits sebesar 99.99%, aspek performance efficiency subkarakteristik page speed sebesar 98.04%, YSlow sebesar 90.97%, dan waktu respon sebesar 1.13 detik, dan aspek maintainability sebesar 100 (sangat mudah dirawat).
               
              Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver