SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SEMESTER 1 DI TK NASIMA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Pendidikan untuk anak usia dini (0-8 tahun) merupakan pendidikan yang
memiliki karakteristik berbeda dengan anak usia lain, sehingga
pendidikannyapun perlu dipandang sebagai sesuatu yang dikhususkan. Salah
satu metode yang dapat digunakan pendidik untuk meningkatkan kecerdasan
spiritual tersebut adalah dengan bermain peran. Kurangnya kecerdasan
spiritual anak menjadi masalah yang dihadapi guru kelompok A1 TK Nasima
Semarang. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah yang dipaparkan
dalam penulisan ini yaitu: Bagaimana meningkatkan kecerdasan spiritual
melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK Nasima
Semarang? Dan seberapa besar pengaruh metode bermain peran terhadap
peningkatan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di TK Nasima
Semarang? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelompok A1 TK Nasima Semarang tahun pelajaran 2012/2013
yang berjumlah 24 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada siklus I
menunjukkan bahwa ketuntasan siswa dalam belajar hanya 63% atau sebanyak
15 siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83% atau sebanyak
20 siswa. Sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada siklus I
adalah 37% atau sebanyak 9 siswa, kemudian pada siklus II menurun
menjadi 17% atau sebanyak 4 siswa. Secara garis besar pelaksanaan
pembelajaran telah sesuai yang diharapkan peneliti, dimana proses
pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tercipta suasana belajar
yang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
metode bermain peran dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan
kecerdasan spiritual anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat
memberikan kegiatan bermain peran yang menarik dan menyenangkan anak,
selain itu guru juga harus mampu menciptakan lingkungan pembelajaran
yang nyaman dan menyenangkan anak
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment