SKRIPSI
(PENDIDIKAAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT MIFTAHUL ULUM KALITORONG SEMESTER I TAHUN AJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada peningkatan hasil belajar konsep hak dan kewajiban melalui
metode bermain peran pada kelompok B di TK Muslimat Miftahul Ulum
Kalitorong Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di TK
Muslimat Miftahul Ulum Kalitorong pada kelompok B Semester I bulan
Juli-Agustus 2012/2013 .Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik
kelompok B TK Muslimat Miftahul Ulum Kalitorong yang berjumlah 15 anak.
Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar konsep hak
dan kewajiban melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan
dalam penelitia ini 75%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya
perbedaan signifikan dalam ketercapaian belajar konsep hak dan kewajiban
anak didik kelompok B TK Muslimat Miftahul Ulum Kalitorong, hal ini
ditunjukkan oleh kenyataan bahwa sebelum dilaksanakan metode bermain
peran 40% anak didik memperoleh ketercapaian belajar. Sementara setelah
pelaksanaan metode bermain peran persentase naik hingga 85%. Kesimpulan
penelitian ini adalah pembelajaran konsep hak dan kewajiban dengan
metode bermain peran pada anak didik di kelompok B di TK Muslimat
Miftahul Ulum kalitorong Tahun Ajaran 2012/2013 lebih efektif dibanding
dengan metode yang lain
DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP KLIK DISINI
0 comments:
Post a Comment