Tuesday, 28 April 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY PADA MATERI PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SONGGOM

SKRIPSI
(PENDIDIKAN MATEMATIKA)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY PADA MATERI PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SONGGOM

Abstract
Minat merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar. Rendahnya prestasi siswa dalam belajar matematika salah satunya disebabkan karena minat belajar matematika yang kurang. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa adalah Course Review Horray (CRH). Karena model ini memungkinkan terjadinya suasana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat membuat minat belajar siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CRH terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Songgom pada materi pecahan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Songgom. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih siswa kelas VII B sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH dan siswa kelas VII C sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Analisis hipotesis pertama yaitu uji rata-rata diperoleh thitung = 4,1055 > -ttabel = -1,70 artinya hipotesis pertama diterima. Hipotesis kedua yaitu uji proporsi diperoleh zhitung = 1,89736 ≥ -z0,5-α = -1,64. Jadi hipotesis kedua diterima. Analisis hipotesis ketiga diperoleh thitung = 2,41 > ttabel = 1,67 artinya rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada analisis hipotesis keempat diperoleh zhitung = 1,66821 > ztabel = 1,64 jadi proporsi ketuntasan belajar kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Analisis hipotesis kelima diperoleh Peksperimen = 71,33% > Pkontrol = 59,55% jadi minat belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH telah mencapai KKM, proporsi ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CRH lebih dari 75%, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, proporsi ketuntasan belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH lebih dari proporsi ketuntasan belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, minat belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik daripada minat belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Dari simpulan-simpulan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH lebih efektif dari model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Songgom pada materi pecahan.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver