Wednesday 29 April 2015

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SDN NGALIYAN 01 SEMARANG



SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)

ABSTRAK

IPS adalah salah satu pelajaran wajib dari SD hingga SMP, dikarenakan tujuan IPS agar siswa memiliki kemampuan dasar berpikir kritis dan logis serta memiliki kemampuan dalam kehidupan sosial. Data awal yang didapatkan peneliti dari refleksi PPL di kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang menunjukkan dari 36 siswa hanya 14 siswa atau 38,9% saja yang mencapai batas KKM. Sisanya sebanyak 61,1% mendapatkan nilai dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, guru hanya menggunakan metode ceramah, media tidak menarik, serta rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Peneliti menerapkan model NHT berbantuan multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VB tersebut. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning tipe NHT berbantuan Multimedia pada Siswa Kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang?. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang melalui model NHT berbantuan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Langkah-langkah penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang sebanyak 36 siswa yang meliputi 21 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes yang dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPS meningkat, keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 28 termasuk dalam kategori baik, pada siklus III memperoleh skor 33 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I mendapatkan skor 16,1 dengan kategori cukup, siklus II mendapatkan skor 19,3 dengan kategori baik, siklus III mendapatkan skor 21,4 dan termasuk dalam kategori baik. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 67,6%, siklus II mencapai 76,9%, dan siklus III mencapai 82,8%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model NHT berbantuan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang. Saran yang diberikan hendaknya model NHT berbantuan multimedia dapat diterapkan dalam mata pelajaran lain.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver