SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK
Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Negeri Karangayu 02
Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran matematika yaitu model
pembelajaran berpusat pada guru, guru jarang menyampaikan materi
menggunakan situasi nyata (contextual problem). Guru menekankan pada
latihan dan penghafalan rumus, sehingga menimbulkan kejenuhan pada
siswa. Data yang diperoleh menunjukkan sebanyak 20 dari 36 siswa berada
di bawah KKM. Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 44,44%.
Berdasarkan kendala tersebut, peneliti menggunakan Pendidikan Matematika
Realistikberbantuan media manipulatif untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran matematika. Pendekatan PMRI memberikan kesempatan siswa
untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka tentang konsep matematika
melalui dunia nyata, sedangkan media manipulatif dapat membantu siswa
untuk membangun konsep matematika dengan memanipulasi media.Rumusan
permasalahan umum penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV
SD Negeri Karangayu 02?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Pendidikan
Matematika Realistik berbantuan media Manipulatif di kelas IV SD Negeri
Karangayu 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2
pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Teknik pegumpulan data
menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru mengalami
peningkatan pada siklus I adalah 33,5 dengan kategori baik. Sedangkan
skor pada siklus II meningkat menjadi 42, dengan kategori sangat baik;
(2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I adalah 18,5 dengan
kategori cukup. Sedangkan skor pada siklus II menjadi 23,95 dengan
kategori baik; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswapada
siklus I adalah 65,35%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar
secara klasikal meningkat menjadi 87% dengan KKM > 62. Simpulan
penelitian ini adalah melalui PMRI berbantuan media Manipulatif dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri
Karangayu 02 Semarang. Saran dari peneliti yaitu permasalahan realistik
yang diajukan kepada siswa hendaknya yang bisa dibayangkan oleh siswa
dan media manipulatif yang digunakan hendaknya dibuat sesuai dengan
jumlah siswa.
0 comments:
Post a Comment