SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK
Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Negeri Karangayu 02 
Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran matematika yaitu model 
pembelajaran berpusat pada guru, guru jarang menyampaikan materi 
menggunakan situasi nyata (contextual problem). Guru menekankan pada 
latihan dan penghafalan rumus, sehingga menimbulkan kejenuhan pada 
siswa. Data yang diperoleh menunjukkan sebanyak 20 dari 36 siswa berada 
di bawah KKM. Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 44,44%. 
Berdasarkan kendala tersebut, peneliti menggunakan Pendidikan Matematika
 Realistikberbantuan media manipulatif untuk meningkatkan kualitas 
pembelajaran matematika. Pendekatan PMRI memberikan kesempatan siswa 
untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka tentang konsep matematika 
melalui dunia nyata, sedangkan media manipulatif dapat membantu siswa 
untuk membangun konsep matematika dengan memanipulasi media.Rumusan 
permasalahan umum penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan 
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif 
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV 
SD Negeri Karangayu 02?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Pendidikan 
Matematika Realistik berbantuan media Manipulatif di kelas IV SD Negeri 
Karangayu 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan 
kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 
pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, 
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 
siswa kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Teknik pegumpulan data 
menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru mengalami 
peningkatan pada siklus I adalah 33,5 dengan kategori baik. Sedangkan 
skor pada siklus II meningkat menjadi 42, dengan kategori sangat baik; 
(2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I adalah 18,5 dengan 
kategori cukup. Sedangkan skor pada siklus II menjadi 23,95 dengan 
kategori baik; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswapada 
siklus I adalah 65,35%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar 
secara klasikal meningkat menjadi 87% dengan KKM > 62. Simpulan 
penelitian ini adalah melalui PMRI berbantuan media Manipulatif dapat 
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 
Karangayu 02 Semarang. Saran dari peneliti yaitu permasalahan realistik 
yang diajukan kepada siswa hendaknya yang bisa dibayangkan oleh siswa 
dan media manipulatif yang digunakan hendaknya dibuat sesuai dengan 
jumlah siswa. 
 
0 comments:
Post a Comment