SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PRODI TAV SMK YPT KOTA TEGAL PADA POKOK BAHASAN MEMPERBAIKI TV PENERIMA
ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan masih terdapat paradigma lama yaitu proses
pembelajaran hanya berjalan satu arah saja, guru sebagai satu-satunya
sumber belajar. Ketidaksesuaian guru dalam memilih metode pembelajaran
yang tepat dapat menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi
berkurang dan siswa cenderung tidak tertarik pada proses pembelajaran.
Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan model
pembelajaran inovatif yang mungkin siswa belum pernah mengalami sehingga
siswa akan merasa tertarik pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini
yaitu ingin mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Prodi TAV SMK YPT
Kota Tegal pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima dengan model
pembelajaran Jigsaw dan ingin mengetahui efektivitas model pembelajaran
Jigsaw pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI Prodi TAV 2 SMK YPT Kota Tegal. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah soal pos tes di tiap akhir
siklus; aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran; kinerja guru
dalam menerapkan pembelajaran Jigsaw, dan tanggapan siswa serta
tanggapan guru. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, analisis
deskriptif persentase, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik aktivitas siswa, kinerja
guru dan ketuntasan belajar yaitu dari siklus I aktivitas siswa secara
klasikal sebesar 70,8%, kinerja guru dalam pembelajaran 70%, ketuntsan
hasil belajar siswa secara klasikal 63% dengan rata-rata hasil belajar
68,9. Siklus II aktivitas siswa secara klasikal 74%, kinerja guru dalam
pembelajaran sebesar 87,5%, ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal sebesar 75% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 77,1, dan
pada siklus III aktivitas siswa secara klasikal sebesar 81,6%, kinerja
guru dalam pembelajaran sbesar 95%, ketuntasan belajar siswa secara
klasikal sebesar 92% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 86. Simpulan
penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima di kelas
XI TAV 2 SMK YPT kota Tegal, dan model pembelajaran Jigsaw sangat
efektif diterapkan pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment