SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL MELALUI GRUP DALAM FACEBOOK SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA (SISWA KELAS X6 DAN X7 SMAN 1 BANJARHARJO – BREBES
ABSTRAK
Perkembangan TI yang sedemikian cepat mengakibatkan data dan informasi
mudah diperoleh tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Menggunakan media
internet, data dan informasi baik berupa pengetahuan, berita, hiburan
maupun individu tidak sulit untuk didapat. Dunia pendidikan, internet
bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan
jejaring sosial facebook. Permasalahan pada penelitian ini yaitu
bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan grup dalam facebook
pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X di SMAN 1
Banjarharjo - Brebes Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
efiktivitas/ kelayakan grup facebook pembelajaran sebagai penunjang
proses pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi kelas X di SMAN 1 Banjarharjo – Brebes. Metode penelitian
yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan metode
pengumpulan data angket dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui
apakah pemanfaatan dengan menggunakan grup dalam facebook layak
digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran pada mata
pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMAN 1 Banjarharjo -
Brebes. Analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Ujicoba
yang telah dilakukan kepada pakar multimedia yang telah diisi berupa
angket tertulis didapatkan prosentase hasil dengan nilai rata-rata
keseluruhan 85,3% memperoleh predikat sangat baik dengan rincian
kriteria tampilan grup facebook 85,5%, dan kriteria kualitas teknis
84,7%. Menurut pakar materi (subject matter) didapatkan prosentase nilai
rata-rata keseluruhan 85,8% memperoleh predikat sangat baik, Hasil uji
coba pada siswa untuk mencari tanggapan siswa terhadap grup facebook
sebagai sarana pembelajaran didapatkan prosentase 78,7% memperoleh
predikat sangat baik. Pemanfaatan grup facebook sebagai pembelajaran
yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh para pakar yang terdiri
dari 3 dosen pakar media dari Universitas Negeri Semarang dan 2 guru
ahli materi dari SMAN 1 Banjarharjo. Dari hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan grup facebook efektif digunakan
sebagai sarana pendukung pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi
dan komunikasi kelas X di SMAN 1 Banjarharjo.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment