SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA)
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DESKTOP KELAS XI RPL SMK MA’ARIF WONOSARI
ABSTRAK
Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model
pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Desktop kelas XI TI B
SMK Ma’arif Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di
kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI TI B
semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan
refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar,
dokumentasi, dan rekaman video.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata
pelajaran Pemrograman Desktop dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I
sebesar 67,97% mengalami peningkatan menjadi 77,97% pada siklus II.
Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada
siklus I sebesar 72,50 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas
menjadi 77,81. Hasil belajar keterampilan siswa terlihat dari nilai
rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,38 dan meningkat pada siklus II
rata-rata kelas menjadi 83,13
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), keaktifan, hasil belajar,
Pemrograman Desktop
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment