Monday 25 May 2015

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), (2) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam bentuk partisipatif dan kolaboratif selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase perolehan skor Motivasi Belajar Akuntansi dengan skor maksimal kemudian dipersentasekan, lalu hasil tersebut disajikan dalam tabel dan grafik dan terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Tipe Think Pair Share (TPS) sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapannya yaitu: tahap berpikir sendiri (Think), tahap berdiskusi dengan pasangan (Pair), dan tahap mempresentasikan hasil diskusi (Share). (2) Respon siswa kelas X Akuntansi I terhadap implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan respon positif dibuktikan dengan skor respon sebesar 81,02%. (3) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015, pada perhitungan hasil observasi terjadi peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 73,55%dan siklus II sebesar 85,12%, peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 11,57%. Dengan cross check dilakukan melalui angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan siklus I sebesar 74,04% dan siklus II sebesar 82,72%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 8,68% . Kata Kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi

Download file lengkap klik disini

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver