SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan Motivasi Belajar
Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dengan
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS),
(2) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta
terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan
dalam bentuk partisipatif dan kolaboratif selama dua siklus. Tiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan
angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif dengan persentase perolehan skor Motivasi Belajar Akuntansi
dengan skor maksimal kemudian dipersentasekan, lalu hasil tersebut
disajikan dalam tabel dan grafik dan terakhir penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Tipe Think Pair Share
(TPS) sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapannya
yaitu: tahap berpikir sendiri (Think), tahap berdiskusi dengan pasangan
(Pair), dan tahap mempresentasikan hasil diskusi (Share). (2) Respon
siswa kelas X Akuntansi I terhadap implementasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan respon positif
dibuktikan dengan skor respon sebesar 81,02%. (3) Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan
Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi
Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015, pada perhitungan hasil observasi
terjadi peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar
73,55%dan siklus II sebesar 85,12%, peningkatan siklus I ke siklus II
sebesar 11,57%. Dengan cross check dilakukan melalui angket yang
didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi
peningkatan siklus I sebesar 74,04% dan siklus II sebesar 82,72%,
peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 8,68% .
Kata Kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment