SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SIMBOL DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN AUTOCAD
ABSTRAK
Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan
hasil belajar siswa jika menggunkan perangkat lunak AutoCAD pada
pembelajaran menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan di SMK NU
Hasyim Asy‟ari Tarub Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran
dengan perangkat lunak AutoCAD. Manfaat penelitian diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menggambar simbol dan
rangkaian kelistrikan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek ldalam penelitian ini dilakukan dengan cara
random sampling dan didapatkan siswa kelas X.O6 SMK NU Hasyim Asy‟ari
Tarub Tegal tahun ajaran 2012/2013 Hasil analisis data penelitian
menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan prestasi
belajar tentang menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan otomotif
dengan menggunakan AutoCAD. Hal ini terlihat pada hasil tes kemampuan
awal/metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,026 dan
ketuntasan belajar sebesar 21,053%, sehingga belum bisa dikatakan
berhasil karena masih dibawah dari indikator keberhasilan. Untuk hasil
post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan
belajar 47,368%. Sedangkan untuk hasil post test siklus II diperoleh
nilai rata-rata 78,553 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,842%.
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 69,342%
(siklus I) menjadi 82,76% (siklus II). Peningkatan hasil belajar dari
kemampuan awal siswa sampai siklus I yaitu sebesar 6,97 dan besarnya
peningkatan hasil belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus II
yaitu sebesar 20,526. Penggunaan Autocad dapat meningkatkan pemahaman
siswa, maka sebaiknya untuk mata pelajaran yang sifatnya aplikatif
digunakan media pembelajaranuntuk membantu siswa dalam memahami materi
materi yang diberikan guru.Media pembelajaran Autocad tentang menggambar
teknik ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan
meningkatkan prestasi siswa yang lumayan signifikan.Untuk itu masih
diperlukan lagi penelitian-penelitian dengan menggunakan metode maupun
media pembelajaran lain yang lebih efektif, sehingga prestasi belajar
siswa dapat ditingkatkan semaksimal mungkin.
0 comments:
Post a Comment