SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat dijadikan jembatan untuk
menghubungkan dunia nyata dan menghadirkannya dihadapan siswa, sehingga
pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dapat mempengaruhi
terhadap efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan
memanfaatkan software Macromedia Flash 8 Profesional akan dapat membuat
suatu media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga
materi-materi dalam mata kuliah Sensor dan Transduser seperti
jenis-jenis sensor dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa, karena
ditampilkan dalam bentuk gambar animasi atau suatu simulasi yang
atraktif. Permasalahannya adalah bagaimanakah mewujudkan suatu program
media pembelajaran Sensor dan Tranduser yang menarik dan interaktif.
Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan
program media pembelajaran mata kuliah Sensor dan Transduser sebagai
media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode angket kepada 1 orang dosen ahli media, 2 orang
dosen ahli materi, dan 25 orang mahasiswa yang dijadikan sebagai
responden atau objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan
adalah metode analisis statistik deskripstif. Hasil penelitian dan
pembahasan yang telah dilakukan, program Media Pembelajaran Interaktif
Sensor dan Transduser dikategorikan sebagai media yang layak digunakan
untuk media pembelajaran dalam perkuliahan, karena mendapatkan penilaian
dari mahasiswa dan dosen. Dari mahasiswa mendapatkan penilaian sebanyak
79,39% dengan pembagian penilaian variabel interaktif (80,96%) dan
penilaian variabel menarik (77,82%), serta diperkuat dengan pendapat
dari 3 dosen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan
bahwa Perencanaa media pembelajaran diwujudkan dengan silabus,
menentukan materi, merencanakan desain program, pembuatan program,
perbaikan program, dan validasi program. Berdasar penelitan terhadap
mahasiswa media pembelajaran memenuhi kriteria interaktif dan menarik
karena pada aspek interaktif mendapatkan prosentase 80.96% dan aspek
menarik 77,82%. Tetapi menurut ahli media masih ada beberapa kekurangan
seperti pada tampilan gambar, dan suara narasi
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment