SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap
Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap
Prestasi Belajar Akuntansi, 4) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi
Belajar Akuntansi, dan 5) Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar,
Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan merupakan penelitian
populasi karena seluruh siswa kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran
2014/2015 yang berjumlah 54 siswa dijadikan subjek penelitian. Data
dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Uji coba instrumen
penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas X SMK YPKK 2 Sleman. Uji
validitas instrumen dengan menggunakan teknik analisis product moment dan uji
reiabilitas isntrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan
analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi
uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk
menguji hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat, sedangkan untuk
pengujian hipotesis kelima menggunakan analisis regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi
Belajar Akuntansi dengan rx1y=0,423; r2
x1y=0,179; dan thitung=3,364 lebih besar
dari ttabel=1,676. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y=0,352; r2
x2y =0,124; dan
thitung=2,715 lebih besar dari ttabel=1,676. 3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan
rx3y=0,306; r2
x3y=0,094; dan thitung=2,318 lebih besar dari ttabel=1,676. 4) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi dengan rx4y=0,279; r2
x4y=0,078; dan thitung=2,095 lebih besar dari
ttabel=1,676. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar,
Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua secara
bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3,4) = 0,425;
R2y(1,2,3,4) = 0,181 dan diperoleh Fhitung=2,699 lebih besar dari Ftabel=2,56
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya
dan Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment