SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES
ABSTRAK
Persepsi merupakan suatu proses pengamatan yang diperoleh dengan
menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan melalui panca indera
menjadi sebuah pengertian yang menjadi dasar bagi pengalaman dan
pengetahuannya. Kesejahteraan merupakan kondisi dimana seseorang merasa
aman, sentosa, makmur serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya disertai
dengan apresiasi sosial dimana ia hidup. Minat pada dasarnya suatu rasa
lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada
yang menyuruh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan
dan pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap
kesejahteraan guru PAUD dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD
FIP UNNES. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa PG PAUD FIP
UNNES angkatan 2008- 2011 yang berjumlah 171 mahasiswa dengan sampel
yang diambil sejumlah 102 responden. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif
persentase dengan analisis regresi sederhana. Hasil dari analisis
diperoleh nilai R sebesar 0,729 dengan taraf signifikansi 0,005 ini
berarti bahwa antara persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat
menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES memiliki hubungan.
Persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat menjadi guru mempunyai
pengaruh yang signifikan, dengan nilai Rsquare sebesar 53,2% artinya
pengaruh antara persepsi tehadap kesejahteraan guru PAUD dengan minat
menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES dipengaruhi sebesar 53,2%
dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap kesejahteraan guru
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru.
Oleh karena itu jika pandangan terhadap kesejahteraan seorang guru PAUD
lebih dinaikkan lagi maka minat mahasiswa untuk menjadi guru juga akan
ikut naik. Maka mahasiswa disarankan untuk lebih memperhatikan
kesejahteraan guru –guru PAUD yang bekerja pada lemabaga PAUD dimana
lembaganya sudah lebih maju/besar (daerah perkotaan) dan sekiranya gaji
yang diterima jauh lebih besar dibanding dengan lembaga PAUD yang masih
bersakala kecil (daerah pedesaan). Dengan memiliki pandangan bahwa
semakin sejahteranya guru-guru PAUD yang bekerja di lembaga PAUD yang
lebih maju/besar tersebut maka minat menjadi guru PAUD pada diri
individu tersebut akan bertambah. Karena mahasiswa akan berpandangan
bahwa nantinya jika menjadi guru PAUD maka hidupnya akan sejahtera.
download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment