SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CARD SORT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KEBON DALEM 2 TEMBALANG SEMARANG
ABSTRAK
Bahasa Indonesia digunakan dalam sebagian besar buku pelajaran sebagai
sumber belajar. Untuk dapat menggunakan buku pelajaran dengan baik,
siswa dituntut untuk lancar membaca. Sehingga mampu menangkap informasi
yang disajikan dalam buku. Maka keterampilan membaca harus dikuasai
siswa sejak awal masuk sekolah dasar. Latar belakang dalam penelitian
ini adalah kurangnya keterampilan membaca siswa, mudah bosan, kurang
berminat, cenderung pasif, hasil belajar membaca rendah, pembelajaran
yang kurang inovatif, guru tidak menggunakan media pembelajaran dan
hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Rumusan masalah
penelitian ini, apakah metode card sort menggunakan media kartu gambar
dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar
siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas I SD Kebon Dalem 2
Tembalang Semarang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Rancangan
penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan terhadap guru
dan siswa kelas IA yang berjumlah 30 siswa. Variabel penelitian meliputi
keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca permulaan
siswa dengan kartu gambar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan tes,
dokumentasi, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data yang
diperoleh selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif
kuantitatif dan kalitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan
guru mencapai rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
mencapai rata-rata 26,74 kriteria cukup dan keterampilan membaca
mencapai rata-rata 69,68 atau 61,3%. Siklus II keterampilan guru
mencapai rata-rata 3,7 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
mencapai rata-rata 28,32 kriteria baik dan keterampilan membaca mencapai
rata-rata 75,03 atau 74,2%. Siklus III keterampilan guru mencapai
rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai
rata-rata 31,66 kriteria baik dan keterampilan membaca mencapai
rata-rata 76,21 atau 86,2%. Simpulan dengan metode card sort menggunakan
kartu gambar dalam pembe-lajaran membaca permulaan keterampilan guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I , siklus II dan
siklus III mengalami peningkatan. Saran yang bisa dilakukan adalah
perlunya refleksi untuk menemukan solusi permasalah dalam pembelajaran,
pemilihan metode yang inovatis dan tepat serta penggunaan media
pembelajaran yang menarik akan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Download file lengkap klik disini
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment