SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG
ABSTRAK
Pembelajaran IPS di SD bertujuan agar siswa mampu mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam
kehidupan sehari-hari. Kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB SDN
Tambakaji 04 Semarang masih rendah. Berdasarkan refleksi menunjukkan
guru belum menggunakan model dan media inovatif, aktivitas siswa rendah,
dari 40 siswa hanya 15 (32,5%) tuntas KKM 67 sedangkan 25 lainnya
(62,5%) tidak tuntas. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas
pembelajaran IPS melalui model NHT berbantuan multimedia. Rumusan maslah
penelitian adalah “Apakah model NHT berbantuan multimedia dapat
meningkatkan keterampilan gur, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS
kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang?”. Tujuan penelitian meningkatkan
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS kelas IVB SDN
Tambakaji 04 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan tiga
siklus. Masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri
dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN
Tambakaji 04 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan non tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru
meningkat setiap siklus, siklus I skor 23 kategori baik, siklus II skor
30 kategori baik, dan siklus III skor 37 kategori sangat baik. (2)
aktivitas siswa meningkat setiap siklus, siklus I skor 17,98 kategori
tidak baik, siklus II skor 26,28 kategori baik, dan siklus III skor
30,69 kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa meningkat tiap
siklus dengan ketuntasan klasikal siklus I 62,5%, siklus II 77,5%, dan
siklus III 92,5%. Simpulan penelitian melalui model model NHT berbantuan
multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB
SDN Tambakaji 04 Semarang. Disarankan bagi guru adalah hendaknya dapat
menerapkan model NHT berbantuan multimedia pada pelajaran IPS maupun
pelajaran lain untuuk mengaktifkan siswa dan memudahkan siswa dalam
memahami materi pelajaran.
Download file lengkap klik disini
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment