SKRIPSI
(PENDIDKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI)
UPAYA PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SUNGAI PADA SISWA KELAS V SDN SURADADI 05 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah minimnya sarana lembing turbo
dan motivasi siswa yang masih rendah dalam pembelajaran lempar turbo.
Hal ini memerlukan penyelesaian masalah diantaranya dengan model
pembelajaran yang dapat membuat anak tertarik untuk mengikuti
pembelajaran lempar turbo, diantaranya dengan mengganti lembing turbo
dengan pelepah pisang dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan
memanfaatkan lingkungan sungai sehingga anak merasa termotivasi dalam
melempar turbo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
Upaya Pembelajaran Lempar Turbo Dengan Pendekatan Lingkungan Sungai Pada
Siswa Kelas V SDN Suradadi 05 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran
2012/2013?“. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya
pembelajaran bermain lempar turbo dengan pendekatan lingkungan sungai
pada siswa kelas V SDN Suradadi 05 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran
2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalaah penelitian tindakan
kelas dan pelaksanaannya menggunakan minimal 2 siklus, dengan tahapan
tiap siklus adalah Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Suradadi 05 tahun
pelajaran 2012/2013 sejumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa putri
dan 16 siswa putra. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran lempar
turbo dengan pendekatan lingkungan sungai Analisis data menggunakan
analisis deskriptif yaitu deskriptif komparatif, membandingkan nilai tes
antar siklus dan indikator kinerja yaitu ketuntasan belajar klasikal
mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 3,70 dari 74,63 menjadi
78,33 atau jika dibandingkan dengan kondisi awal maka kenaikan
rata-rata nilainya adalah 6,85. Sedangkan kenaikan ketuntasan klasikal
adalah 19 % dari 70% pada siklus I menjadi 89% pada akhir siklus II, hal
ini juga berarti mengalami kenaikan 33% dari kondisi awal yang
ketuntasan klasikalnya hanya 56%. Simpulan dalam penelitian ini adalah
Pembelajaran Penjasorkes materi lempar turbo menggunakan pendekatan
lingkungan sungai dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes pada
siswa kelas V SDN Suradadi 05. Hasil belajar meliputi aspek kognitif,
afektif dan psikomotor. Dari hasil observasi maupun angket diketahui
bahwa peserta didik menunjukkan perhatian dan minat belajar yang tinggi.
Saran dari peneliti adalah 1) guru hendaknya lebih kreatif dalam
menghadapi keterbatasan alat pembelajaran yang tersedia di sekolah 2)
guru dapat melakukan inovasi pembelajaran tercipta pembelajaran yang
aktif dan menyenangkan bagi siswa 3) Sekolah hendaknya memiliki
kebijakan untuk menyediakan alat pembelajaran yang memadai serta
memberikan ruang seluas-luasnya bagi kreatifitas guru.
Download skripsi lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment