SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI MEDIA FOTO BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X-3 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG
ABSTRAK
Keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa X-3 SMA Kesatrian 2
Semarangmasih rendah. Rendahnya nilai siswa disebabkan minat siswa
untuk menulis sangat kurang. Siswa menganggap bahwa menulis paragraf
argumentasi membosankan dan sulit. Faktor lain yang mempengaruhi
rendahnya keterampilan menulis paragraf argumentasi adalah guru masih
menggunakan teknik pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang digunakan
oleh guru lebih menekankan pada guru sebagai subjek pembelajaran,
sedangkan siswa sebagai objek pembelajaran. Rumusan dalam penelitian ini
adalah: (1)bagaimana proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi
(2)bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi dan
(3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X-3 SMA Kesatrian 2
Semarang setelah diberi tindakan denganteknikthink-talk-write melalui
media foto berbasis lingkungan sekolah Penelitian inimenggunakan desain
penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah keterampilan menulis paragraf argumentasisiswa kelas X-3 SMA
Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu
variabel keterampilan menulis paragraf argumentasi dan variabel teknik
pembelajaranthink-talk-write melalui media foto berbasis lingkungan
sekolah. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes.
Teknik tes berupa produkmenulis paragraf argumentasi. Hasil nontes
berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data
yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran
menulis paragraf argumentasi dengan teknikthinktalk- writemelalui media
foto berbasis lingkungansekolah melalui beberapa tahapan, yaitu
pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, peneliti
melakukan apersepsi. Tahap inti yaitu proses pembelajaran menulis
paragraf argumentasi dengan teknikthink-talk-write melalui media foto
berbasis lingkungan sekolah. Selanjutnya tahap penutup yaitu guru
bersama siswa mengambil simpulan pembelajaran hari itu. Guru bersama
siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran menulis paragraf
argumentasi dengan teknikthinktalk- write melalui media foto berbasis
lingkungan sekolah. Nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf
argumentasi pada siklus I sebesar 68,34 dalam kategori kurang. Nilai
rata-rata pada siklus I belum mencapaitujuan yang diinginkan. Oleh
karena itu, peneliti melakukan siklus II. Pada siklus II, nilai ratarata
keterampilan menulis paragraf argumentasi meningkat sebesar 15,27
menjadi 83,61 berada dalam kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil
nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif.
Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa terlihat lebih antusias dan
tertarik mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran think-talk-write
melalui media foto berbasis lingkungansekolah dapat meningkatkan
keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-3 SMA
Kesatrian 2 Semarangdan dapat mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih
positif. Mengacu pada penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar
guru bahasa Indonesia menggunakan teknik pembelajaran think-talk-write
melalui media foto berbasis lingkungansekolah dalam pembelajaran menulis
paragraf argumentasi. Bagi penelitilain, disarankan agar melakukan
penelitian yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis paragraf
argumentasi.
Download skripsi lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment