ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERORIENTASI
KTSP DI SMK N 2 PENGASIH
Oleh :
Iska Arif Yulianto
11503247018
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) pada pembelajaran produktif kejuruan,
mengetahui hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP pada pembelajaran
produktif kejuruan, mengetahui perbedaan implementasi KTSP di SMK N 2
Pengasih.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semua program keahlian dengan
jumlah sampel 180 siswa dan 78 guru. Metode pengumpulan data
menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Alat pengumpul data
menggunakan angket pelaksanaan kurikulum dan wawancara terstruktur.
Pelaksanaan kurikulum KTSP diketahui melalui analisis statistik.
Wawancara digunakan untuk mengetahui hambataan-hambatan dalam penerapan
KTSP pada pembelajaran produktif kejuruan. Uji validitas instrument
penelitian menggunakan validitas isi yang telah disetujui oleh para
ahlinya. Uji reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach dengan
menunjukkan bahwa instrument berstatus andal. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Penerapan KTSP pada
pembelajaran produktif kejuruan dapat diketahui melalui masing-masing
variabel, yaitu kesiapan guru termasuk dalam kategori kurang baik,
perencanaan pembelajaran dalam kategori kurang baik, pelaksanaan
pembelajaran dalam kategori baik, dan penilaian hasil belajar dalam
kategori kurang baik. (2). Tidak ada perbedaan signifikan dalam
pelaksanaan kurikulum di SMK N 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 5 %.
Hal ini didasarkan pada hasil analisis paired sample t test yaitu harga
t untuk indikator siswa sebesar 88,538 dan untuk indikator guru sebesar
103,32. (3). Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi
hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP yaitu dengan menggunakan metode
mengajar variatif, guru membuat modul dan menambah refrensi bahan ajar,
memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang memadai.
0 comments:
Post a Comment