SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK MESIN)
PENERAPAN BUKU SAKU MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN
ABSTRAK
PENERAPAN BUKU SAKU MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN
KEAKTIVAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN
CNC DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN
Oleh:
Andi Setiawan
NIM. 11503247005
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk: meningkatkan keaktivan siswa dan
kompetensi belajar siswa kelas XII TPB SMK N 2 Depok selama proses
pembelajaran mata pelajaran CNC, dengan menggunakan media buku saku
Mastercam untuk pemrograman mesin CNC.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model
Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua kali putaran (siklus).
Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: plan, action, observation dan
reflektif. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 16 siswa. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan,
lembar penilaian praktik dan tes hasil belajar. Data keaktivan siswa diperoleh
melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktivan
siswa pada setiap siklus. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes dan unjuk kerja
kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukan peningkatkan keaktivan siswa dari 40,6 %
pada siklus I menjadi 86,9 % pada siklu II, serta dapat meningkatkan pencapaian
kompetensi siswa dari 7,42 siklus I menjadi 8,34 pada siklus II, dan nilai rata-rata
praktik mengoperasikan mesin CNC frais dengan sistem kontrol GSK 983 MV
yang semula 0 pada awal menjadi 82,5 pada siklus I serta meningkat menjadi
87,5 pada siklus II. Cara mengimplementasikan proses pembelajaran sebagai
berikut: 1) Merancang lay out kelas, agar nyaman untuk menunjang proses
pembelajaran, 2) Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sesuai petunjuk
pengguna buku saku, 3) Merencanakan materi yang akan disampaikan, 4)
Merencanakan jam pembelajaran, agar efektif dan efisien dalam proses
pembelajaran, 5) Menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan
pembelajaran serta penilaian pada siswa, 6) Memberikan gambaran materi secara
nyata dengan memberikan contoh praktek dan pengenalan serta penggunaan mesin
yang digunakan, 7) Melakukan pembagian kelompok praktek untuk meningkatkan
kerjasama antar siswa, 8) Melakukan diskusi dengan siswa tentang hambatan dan
permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran, 9) Memberikan motivasi
pada siswa dengan penggambaran kerja nyata pada dunia kerja industri, 10)
Memberikan tugas pada siswa sebagai upaya peningkatan belajar mandiri siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku saku Mastercam
untuk pemrograman mesin CNC pada mata pelajaran CNC dapat meningkatkan
aktivitas siswa dan kompetensi belajar siswa kelas XII TPB SMK N 2 Depok.
Kata kunci : buku saku, aktivitas siswa, kompetensi belajar siswa.
0 comments:
Post a Comment