SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK MESIN)
PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.
ABSTRAK
DOWNLOAD FILE
PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK
OPERASI DASAR KELAS X
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Oleh :
Arif Muhlisin
NIM. 10503245005
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media modul pada mata
pelajaran menggunakan mesin untuk operasi dasar, mengetahui kelayakan
media modul dan keefektifan penggunaan media modul pada mata pelajaran
mengguanakan mesin untuk operasi dasar pada kelas X SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and
development) yang dilakukan di jurusan teknik pemesinan SMK Muhammadiyah
3 Yogyakarta. Obyek penelitian berupa pengembangan media modul pada
mata pelajaran menggunakan mesin untuk operasi dasar. Tahap pengembangan
media modul menggunakan mesin untuk operasi dasar pada mata pelajaran
menggunakan mesin untuk operasi dasar diawali dengan 1). Identifikasi
masalah, 2). Pengumpulan data, 3). Desain Produk, 4). Validasi desain,
5). Revisi desain, 6). Uji coba I & II, 7). Revisi, 8). Uji
efektitas, 9). Produk akhir. Pengumpulan data dengan menggunakan angket
(kuesioner) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data yang
dilakukan dengan diskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil uji
pretest dan posttest antara kelas X TP 1 yang menggunakan metode ceramah
dan kelas X TP 2 pembelajaran menggunakan media modul.
Hasil penelitian ini adalah pengembangan media modul pada mata pelajaran
menggunakan mesin untuk operasi dasar. Media modul yang sudah
dikembangkan dinyatakan baik, berdasarkan ahli materi dengan nilai
rerata 3,8 atau 76 %, penilaian dari ahli media dengan rerata 4,13 atau
82,75 %, penilaian ahli materi guru mata pelajaran dengan nilai rerata
3,42 atau 68,4 %, uji coba I dengan nilai rerata 3,77 atau 75,3 %, dan
uji coba II dengan nilai rerata 4,12 atau 82,4 %. Media modul yang sudah
dinilai baik kemudian diuji keefektifannya pada siswa. Hasil
pembelajaran media modul yaitu adanya peningkatan efektifitas belajar
siswa pada mata pelajaran menggunakan mesin untuk operasi dasar sesudah
diberikan pembelajaran dengan media modul. Berdasarkan hasil nilai
rerata posttest pada pembelajaran media modul kelas X TP 2 adalah 75,55.
Sedangkan, nilai rerata posttest menggunakan media ceramah kelas X TP 1
adalah 68,30. Sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran yang menggunakan media modul lebih efektif dari pada metode
ceramah.
Kata kunci: Pengembangan, media, modul, materi pembelajaran, menggunakan
mesin untuk operasi dasar.
vii
0 comments:
Post a Comment