DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
TEORI DASAR MESIN BUBUT KONVENSIONAL BERBASIS
SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8
DI SMK NEGERI 2 PENGASIH
oleh:
IRFAN F. WIBISONO
NIM. 08503241002
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses dan hasil
pengembangan media pembelajaran interaktif teori dasar mesin bubut
konvensional berbasis software Macromedia Flash Profesional 8, (2) mengetahui
kelayakan media tersebut.
Metode pengembangan media ini terdiri dari enam tahap, yaitu: concept,
design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner/ angket. Responden
adalah siswa kelas X Jurusan Permesinan, SMK Negeri 2 Pengasih.
Proses dan hasil pembuatan media pembelajaran ini adalah sebagai
berikut: tahapan proses pembuatan, yaitu: Studi Lapangan dan Literatur,
Identifikasi Kebutuhan, Perumusan Tujuan, Perancangan Produk, Validasi Ahli
Materi dan Media, Revisi 1, Uji Terbatas, Revisi II, Uji Luas, Revisi III. Hasilnya
berupa media pembelajaran dengan 7 menu utama, yaitu: Pendahuluan,
Komponen Bubut, Cara Membubut, Hitung Teknis, Tentang Kami, Latihan
dan Bantuan. Media didokumentasikan dalam CD dengan file sebesar 230 MB
dan dikemas dalam hard case yang bertuliskan: Nama Media, Pengguna,
Isi Media dan Petunjuk Instalasi. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran
yaitu: aspek pembelajaran memperoleh skor 2787 rerata 3,51; aspek substansi
materi memperoleh skor 3261 rerata 3,43; aspek tampilan memperoleh skor 2331
rerata 3,38; aspek pemrograman dan komunikasi visual memperoleh skor 761
rerata 3,59; aspek motivasi belajar memperoleh skor 384 rerata 3,62. Secara
keseluruhan prosentase penilaian kelayakan media tersebut dibandingkan dengan
skor ideal adalah 86,46% dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: media, Flash, mesin bubut, kelayakan
0 comments:
Post a Comment