SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN PEMBUATAN RANGKAIAN PENGENDALI DASAR SISWA SMK MA’ARIF 1 WATES MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
ABSTRAK
PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN PEMBUATAN RANGKAIAN PENGENDALI
DASAR SISWA SMK MA’ARIF 1 WATES MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF
1.
Oleh : Adip Triyanto 08501241015
2.
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division dan
media pembelajaran trainer PLC Zelio SR2B201FU dalam meningkatkan
kompetensi siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga
Listrik SMK Ma‟arif 1 Wates Kulon Progo pada mata Pelajaran Pembuatan
Rangkaian Pengendali Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Siswa dibagi menjadi tujuh kelompok masing-masing kelompok
terdiri dari empat siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan postest untuk
mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi aktifitas
siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa dan lembar
kegiatan siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa.
Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data,
mendiskripsikan data dan membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data.
Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator
pengamatan aktivitas kelompok siswa adalah 80% dan prestasi belajar 76
berdasarkan KKM di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini dapat
diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik
STAD dan penggunaan trainer pembelajaran PLC, kompetensi kelompok siswa
mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan aspek
afektif kelompok siswa, antara lain : interaksi siswa dalam kelompok
pada siklus I pertemuan 1 sebesar 53,57%, siklus II pertemuan 3 mencapai
85,71%. Interaksi siswa dengan guru, pada siklus I pertemuan 1 sebesar
50,00%, siklus II pertemuan 3 mencapai 89,28%. Antusias peserta didik
dalam mengikuti pelajaran pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,71%,
siklus II pertemuan 3 mencapai 89,28%. Melaksanakan tugas yang diberikan
kelompok pada siklus I pertemuan 1 sebesar 57,14%, siklus II pertemuan 3
mencapai 92,85%. Kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok
pada siklus I pertemuan 1 sebesar 53,57 %, siklus II pertemuan 3
mencapai 89,28%. Kerjasama kelompok pada siklus I pertemuan 1 sebesar
60,71%, siklus II pertemuan ke 3 mencapai 92,85%. Prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest siklus I
sebesar 57,47, posttest siklus II mencapai 81,28. Nilai rata-rata LKS
juga mengalami peningkatan, jobsheet pertama sebesar 69,99, jobsheet
keempat meningkat menjadi 87,70. Hasil prestasi belajar siswa tersebut
sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Keywords : penelitian tindakan kelas, programma
Downloadb File Lengkap
Downloadb File Lengkap
0 comments:
Post a Comment