SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN CIRCUIT SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 PENGASIH
ABSTRAK
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
BERBANTUAN CIRCUIT SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN
ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 PENGASIH
Oleh:
Asep Chandra Sukmawan
NIM. 10501244034
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran
berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari sisi kognitif dibandingkan
pembelajaran konvensional; (2) apakah terdapat perbedaan pencapaian
kompetensi aspek kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis
inkuiri berbantuan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektronika dasar, jika
pengetahuan awal elektronika dasar siswa dikendalikan secara statistik; (3)
apakah terdapat perbedaan pencapaian kompetensi aspek afektif antara siswa
yang mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (4) apakah terdapat
perbedaan pencapaian kompetensi aspek psikomotorik antara siswa yang
mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain
penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa
kelas X pada Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Pengasih
berjumlah 64 siswa. Kelas X TELIN 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
TELIN 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes,
angket dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis deskriptif, analisis kovarian satu jalur, dan uji-t beda subjek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis inkuiri
berbantuan media circuit simulator lebih efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa ditinjau dari sisi kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional,
kenaikan rerata pretest ke posttest sebesar 30,10; sedangkan yang mengikuti
pembelajaran konvensional mengalami kenaikan pretest ke posttest sebesar
26,64; (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi antara siswa yang
mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
elektronika dasar, dengan F hitung pada aspek kognitif sebesar 11,441 dan
p=0,001 (p<0,05), nilai t hitung aspek afektif sebesar 3,706 dan p=0,000
(p<0,05), serta nilai t hitung pada aspek psikomotorik sebesar 2,784 dan
p=0,007 (p<0,05).
Kata kunci : elektronika dasar, circuit simulator, pembelajaran berbasis inkuiri.
0 comments:
Post a Comment