DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP
ABSTRAK
REKAYASA MEDIA PEMBELAJARAN
PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS
SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PROFESIONAL
DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN
Oleh:
Ervan Yunanda
NIM: 08503241035
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancangan media
pembelajaran berbantu komputer di SMK Muhamadiyah Prambanan pada mata
pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin(PDTM), (2) mengetahui kelayakan
dari media pembelajaran yang dibuat tersebut, (3) mengetahui efektivitas
penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PDTM di SMK
Muhamadiyah Prambanan.
Rekayasa media pembelejaran ini menggunakan pendekatan penelitian
Research and Development. Tahap pengujian kelayakan meliputi uji validasi ahli,
uji terbatas, dan uji luas. Metode yang digunakan untuk menganalisis data
kelayakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan
dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan.
Pengujian efektivitas media pembelajaran menggunakan metode pretest-posttest
dengan bentuk tes tertulis pilihan ganda dan untuk menganalisis data efektivitas
media menggunakan Statistic Nonparametris Mann-Whitney U-Test.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) media pembelajaran
yang dibuat memiliki spesifikasi resolusi tampilan 600x800pixel dengan file
utama berupa aplikasi(.exe) dengan ukuran keseluruhan file 60,8 megabyte. Media
pembelajaran ini melalui beberapa tahap yakni analisis kebutuhan, desain,
pembuatan produk awal, uji validasi ahli, revisi tahap 1, uji coba produk, revisi
tahap 2, dan penerapan; (2) hasil penilaian ahli media 76,11% dengan kategori
“baik”, penilaian ahli materi 88,84% dengan kategori “sangat baik”, uji coba
terbatas 77,34% dengan kategori “sangat baik”, dan uji coba luas 80,29% dengan
kategori sangat baik”. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran ini
termasuk dalam kategori sangat baik; (3) dari hasil analisis uji hipotesis yang
dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang
menggunakan media flash dengan siswa yang tidak menggunakan media flash
pada mata pelajaran PDTM di SMK Muhamadiyah Prambanan dimana selisih
pretest-posttest kelas eksperimen(42,29) lebih besar dari selisih pretest-posttest
kelas kontrol(32,27) yang berarti media yang dibuat tersebut efektif untuk dapat
diterapkan di SMK tersebut.
Kata kunci: media pembelajaran, tahap rekayasa, kelayakan, efektifitas
0 comments:
Post a Comment