Dalam pembelajaran pendidikan jasmani ada beberapa kendala yang terjadi
di dalam proses pembelajaran passing dan control dalam sepak bola pada
siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal Tahun 2013. Salah satu
cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah
melalui penelitian tindakan kelas, membuat suatu model pembelajaran yang
menarik bagi siswa dengan model pembelajaran pendekatan bermain.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran
passing dan control melalui media permainan kucing-kucingan dapat
meningkatkan kualitas dan hasil belajar bagi siswa kelas V SDN Pecabean
02 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal 2013? Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran passing dan control
melalui media permainan kucing-kucingan dapat meningkatkan kualitas dan
hasil belajar bagi siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal Tahun
2013 dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal, sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana
setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode
tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode bermain dapat
meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V SDN Pecabean 02
Kabupaten Tegal Tahun 2013. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus
kedua. Nilai rata-rata hasil belajar passing dan control pada siklus
pertama (73,01), siklus kedua (82,94). Sehingga peningkatan hasil
belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua sebesar (9,93).
Sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus pertama 10
siswa (59%) dan siklus kedua 14 siswa (882%). Kesimpulan penelitian ini,
bahwa pembelajaran passing dan control melalui media bermain
kucing-kucingan bagi siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal tahun
2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar setiap
guru pendidikan jasmani selalu kreatif dan inovatif dalam membuat
model-model pembelajaran, dengan tujuan hasil belajar siswa dapat
meningkat.
0 comments:
Post a Comment