Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah ”apakah penerapan
bermain kasvo dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli
pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Padas kabupaten Grobogan tahun pelajaran
2012/2013?” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
keberhasilan servis bawah bola voli melalui penerapan bermain kasvo pada
siswa kelas IV SD Negeri1 Padas Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran
2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam dua siklus tersebut pada setiap
siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap Perencanaan, Tahap
Pelaksanaan, Tahap Observasi, dan Tahap Refleksi. Subyek dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Padas Kec.
Kedungjati Kabupaten Grobogan yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 4
putra dan 14 putri. Teknik analisa data yang digunakan adalah Prosentase
dan Instrumen servis bawah pada permainan kasvo. Dari hasil penelitian
pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran Servis bawah bola voli
melalui penerapan bermain kasvo ketercapaian materi aspek koqnitif
mencapai 83%, aspek afektif mencapai 87%, aspek psikomotor mencapai 77%,
namun ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 66,66% saja. Sehingga
dinyatakan bahwa pada siklus I pembelajaran belum berhasil. Sedangkan
pada siklus II ketercapaian aspek koqnitif mencapai 88%, aspek afektiff
mencapai 87%, aspek psikomotor mencapai 79%, prosentase ketuntasan siswa
sudah mencapai 89%. Dengan ketercapaian kriteria ketuntasan klasikal
kelas sebesar 85% maka dapat diambil kasumpulan bahwa tindakan Penerapan
Bermian Kasvo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli
Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran
2012/2013 dapat dinyatakan berhasil. Diharapkan bagi guru Pendidikan
Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan Kasvo sebagai
salah satu alternatif pembelajaran pada siswa dalam pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
0 comments:
Post a Comment