Fokus masalah penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang dilaksanakan
oleh guru pendidikan jasmani adaptif di SM A LB Manunggal Slawi
Kabupaten Tegal . T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehat an yang
dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa
Manunggal Slawi Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian ini adalah
deskriptif dengan lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah SMALB
Manunggal Slawi. Data penelitian dihim pun langsung melalui: (1)
pengamatan atau observasi, (2) wawancara, dan (3) pengumpulan dokumen di
SMALB Manunggal Slawi . Bentuk analisis data penelitian ini adalah
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
SMALB Manunggal Slawi m elayani jenis ketunaan yaitu tuna rungu wicara,
tuna grahita. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan yang dilaksanakan oleh dua guru yang mengajar khusus mata
pelajaran penjasorkes. Penyampaian materi dan pengelolaan kelas guru
menyes uaikan berdasarkan ketunaan yang diderita siswanya. Sarana dan
prasarana sudah lengkap dan memadahi namun penggunaannya belum
dioptimalkan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran
penjasorkes adalah komunikasi antara guru dengan siswa karena g uru
memiliki keterbatasan keterampilan untuk memahami dan menggunakan bahasa
isyarat. Kesimpulannya adalah: (1) Kurangnya modifikasi model-model
pembelajaran yang dilakukan dan belum dimaksimalkannya sarana dan
prasarana pembelajaran yang sudah ada oleh guru penjasorkes, (2)
Sitematika pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan perangkat
pembelajaran dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Saran yang
disampaikan adalah: (1) Bagi sekolah, ajukan permintaan kepada dinas
terkait untuk membantu baik ma terial maupun tenaga pengajar guna
peningkatan mutu kualitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan , (2) Bagi guru penjasorkes sebaiknya mengembangkan model -
model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran,
membuat lebih banyak variasi materi untuk memperkaya pengetahuan gerak
siswa dan mencegah siswa dari kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, (3) Bagi UNNES untuk
mengadakan program studi atau jurusan yang meluluska n guru penjasorkes
untuk sekolah luar biasa.
0 comments:
Post a Comment