Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa
mengikuti pendidikan jasmani melalui aktivitas permainan kecil di SMPLB
Manunggal Slawi. Tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi siswa dalam
mengikuti pendidikan jasmani melalui aktivitas permainan kecil di SMPLB
Manunggal Slawi tahun 2012. Variabel Penelitian ini motivasi siswa
dalam mengikuti pendidikan jasmani melalui aktivitas permainan kecil .
Populasi penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti pendidikan
jasmani di SMPLB Manunggal Slawi Tahun 2012 yang berjumlah 23 siswa.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total
sampling, yaitu mengambil seluruh siswa yang mengikuti pendidikan
jasmani yang berjumlah 23 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan
data penelitian menggunakan skala motivasi dan selanjutnya dianalisis
menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan
bahwa faktor intrinsic siswa dalam mengikuti pendidikan jasmani melalui
aktivitas permainan kecil di SMPLB Manunggal Slawi tahun 2012 mampu
mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pendidikan jasmani dalam
kategori tinggi (78,26%) sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu
mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pendidikan jasmani dalam
kategori sedang (69,59%). Jadi tingginya pengaruh faktor intrinsik
terhadap motivasi siswa disebabkan siswa memiliki kebutuhan fisiologis
yang tinggi (52,17%), memiliki kebutuhan rasa aman yang tinggi (78,26%),
memiliki kebutuhan aktualisasi diri yang tinggi (69,57%). Sedangkan
faktor ekstrinsik dikategorikan tinggi disebabkan karena siswa memiliki
kebutuhan sosial yang tinggi (47,83%), serta memiliki kebutuhan
penghargaan yang tinggi (60,87%). Saran dalam penelitian ini : (a) Bagi
siswa hendaknya dapat mempertahankan rasa kebutuhan fisiologis, rasa
aman, aktualisasi diri yang telah mampu mempengaruhi motivasinya dalam
mengikuti pendidikan jasmani demi pencapaian tujuan dari kegiatan
tersebut, (b) Bagi guru hendaknya dapat meningkatkan metode dalam
berlatih dengan berbagi bentuk variasi gerakan, sehingga dapat
menimbulkan rasa senang dan sungguh-sungguh dalam diri siswa dan juga
membangkitkan kepercayaan diri siswa, dan (c) Bagi sekolah diharapkan
untuk senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap pendidikan jasmani
dengan memperhatikan berbagai faktor yang ada demi perkembangan dan
tercapainya tujuan dari kegiatan proses pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment