Pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan media untuk mendorong
pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik,
pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap mental
emosional, sportifitas, spiritualitas, sosial), serta pembiasaan pola
hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan
kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Pendidikan Jasmani merupakan
bagian integral dari pendidikan total secara keseluruhan, bertujuan
untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak,
keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas
emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan
lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini adalah merupakan Penelitian
Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah
siswa kelas V SD Negeri Pucangrejo yang berjumlah 22 siswa. Adapun
metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar lempar tangkap bola
kecil Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk siklus I pencapaian
kognitif 54 %, Psikomotor 45 %, afektif 49 % dengan ketuntasan 26 %
sedangkan pada siklus II pencapaian kognitif 81%, Psikomotor 67 %,
afektif 77 % dengan ketuntasan 76 % hasil yang diperoleh menunjukan
bahwa pendekatan bermain dapat diterima lebih mudah oleh siswa. Simpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain dapat
berpengaruh positif terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai
tehnik lempar tangkap dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran,
serta dapat menambah wawasan bagi guru dalam mengembangkan macam–macam
model pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment