Abstract
ANALISIS PENGGUNAAN E-LEARNING EDMODO DENGAN
MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
(TAM) PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X RPL DI
SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Oleh :
Chandra Wardhana
NIM 11520249001
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman penggunaan komputer
terhadap persepsi kegunaan, pengaruh pengalaman penggunaan komputer terhadap
persepsi kemudahaan penggunaan, pengaruh pengalaman penggunaan internet terhadap
persepsi kegunaan, pengaruh pengalaman penggunaan internet terhadap persepsi
kemudahaan penggunaan, pengaruh persepsi kemudahaan penggunaan terhadap
persepsi kegunaan, persepsi kegunaan terhadap intensi penggunaan, persepsi
kemudahaan terhadap intensi penggunaan, pengaruh intensi penggunaan tehadap
pengguna nyata dan pengguna nyata terhadap hasil belajar simulasi digital siswa Mata
Pelajaran Simulasi Digital Kelas X RPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost fakto.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas X Program Keahlian Rekayasa
Perangkat Lunak SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan
data adalah dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil belajar siswa pada
Mata Pelajaran Simulasi Digital. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan
regresi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pengalaman penggunaan komputer
terhadap persepsi kegunaan dalam penggunaan e-learning edmodo mengikuti persamaan
Y = 14,803 + 0,423X, pengalaman penggunaan komputer terhadap persepsi kemudahan
penggunaan mengikuti persamaan Y = 20,248 + (-0,097)X, pengalaman penggunaan
internet terhadap persepsi kegunaan mengikuti persamaan Y = 18,255 + 0,053X, dan
pengalaman penggunaan internet terhadap persepsi kemudahan penggunaan mengikuti
persamaan Y = 19,540 + (-0,026)X (2) persepsi kemudahan penggunaan terhadap
persepsi kegunaan mengikuti persamaan Y = 11,785 + 0,350X, (3) persepsi kegunaan
terhadap intensi penggunaan mengikuti persamaan Y = 3,713 + 0,558X, persepsi
kemudahan penggunaan terhadap intensi penggunaan mengikuti persamaan Y = 6,831
+ 0,372X, (4) intensi penggunaan terhadap pengguna nyata mengikuti persamaan Y =
6,923 + 0,461X, (5) penggunaan nyata terhadap hasil belajar simulasi digital mengikuti
persamaan Y = Y = 3,455 + (-0,005)X.
Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), E-learning Edmodo, Simulasi
Digital
0 comments:
Post a Comment