Abstract
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS
TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X RPL 1
SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTULM
ABSTRAK
Oleh :
Muhammad Abdul Faqih
NIM. 10520244055
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran
perakitan komputer pada siswa kelas X RPL 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul serta
untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X RPL 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul
terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran
perakitan komputer.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas RPL 1 semester ganjil tahun
akademik 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus
dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes prestasi
belajar, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu
metode analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X
RPL 1 pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap
siklusnya, pada siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas belajar siswa
sebesar 67.87%. Persentase tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I
sebesar 73.69%. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu
sebesar 70.78%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase aktivitas belajar siswa
sebesar 78.94%. Pada pertemuan kedua siklus II persentase aktivitas belajar siswa
meningkat sebesar 82.67%. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II
yaitu sebesar 80.80%. Selain itu metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya
peningkatan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa. Pada nilai awal prapenelitan
rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 12.90%, pada siklus I rata-rata
ketuntasan belajar siswa sebesar 70.97%, dan pada siklus II rata-rata ketuntasan
belajar siswa sebesar 83.87%. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran perakitan komputer di kelas X
RPL 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul menunjukkan tanggapan yang positif yang
ditunjukkan dengan persentase persepsi positif sebesar 84.94%.
Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), aktivitas belajar, prestasi belajar,
perakitan komputer
0 comments:
Post a Comment