Abstract
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN
MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES
TAHUN AJARAN 2013/2014
Oleh:
Achmad Muslih
NIM 09520244064
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran faktor
lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar, (2) mengetahui
besarnya pengaruh lingkungan belajar, kebiasaan belajar dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar perakitan komputer siswa Kelas X Program Keahlian
Teknik Komputer dan Jaringan Di SMK Ma’arif 1 Wates.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan pendekatan
kuantitatif dan bersifat ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif
1 Wates Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Populasi
dan sekaligus sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas x program keahlian
teknik komputer dan jaringan yang berjumlah 58 siswa. Data dikumpulkan
menggunakan angket dan dokumentasi. Validasi isi dilakukan dengan expert
judgment. Validasi konstruk dilakukan dengan analisis validitas dan analisis
reliabilitas ditentukan dengan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan
analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Kecenderungan lingkungan
belajar termasuk dalam kategori tinggi (rerata 52,5), kebiasaan belajar
termasuk dalam kategori sedang (rerata 60,8), motivasi belajar termasuk dalam
kategori sedang (rerata 55,7). (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa dari
ketiga variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap hasil belajar
siswa yaitu lingkungan belajar (38,8%). Dikuti kebiasaan belajar (25,3%),
diikuti motivasi belajar (23,3%). Besarnya sumbangan lingkungan belajar,
kebiasaan belajar, dan motivasi belajar sebesar 54,9%, sedangkan sisanya
45,1% merupakan sumbangan dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Kata kunci: lingkungan belajar, kebiasaan belajar, motivasi belajar dan hasil
belajar
0 comments:
Post a Comment