Abstract
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DAN LINGKUNGAN
BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA
PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMPN 1 GAMPING
Tondy Fremaditiya
08520244006
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
pemanfaatan e-learning dan lingkungan belajar secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama dengan kreatifitas siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMPN
1 Gamping.
Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto, sampel berjumlah 81
siswa dari seluruh siswa kelas VIII pada mata pelajaran TIK SMPN 1 Gamping.
Data diambil untuk masing-masing variabel dengan menggunakan angket. Validitas
isi diperoleh melalui judgment ahli dan analisis butir dihitung dengan korelasi
Product Moment untuk seluruh variabel. Reliabilitas instrumen pemanfaatan media
e-learning, lingkungan belajar, dan kratifitas siswa dengan koefisien Alpha
Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi
dan regresi pada taraf signifikansi 5 %.
Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh antara pemanfaatan media elearning
(X1) dengan kreatifitas siswa (Y) memiliki koefisien rhitung = 0,373 dan thitung
3,569 > ttabel 1,664. Karena harga thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh
yang antara prediktor X1 dengan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar
10,19%. Pengaruh antara lingkungan belajar (X2) dengan kreatifitas siswa (Y)
memiliki koefisien korelasi rhitung = 0,449 dan thitung 4,464 > ttabel 1,664. Karena harga
thitung > tabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara prediktor X2 dengan
kriterium Y dengan efektif sebesar 11,33%. Kemudian pengaruh antara pemanfaatan
media e-learning (X1) dan lingkungan belajar (X2) secara bersama-sama dengan
kreatifitas siswa (Y) ditemukan harga Fhitung = 13,197 dengan derajat kebebasan (df)
2 pada taraf kepercayaan 5 % diperoleh ftabel = 3,114. Karena harga fhitung > ftabel, hal
ini menunjukan adanya pengaruh signifikan bernilai positif karena koefisien masingmasing
predictor X1 dan X2 adalah 0,259 dan 0,416 dengan sumbangan efektif
sebesar 21,52 %.
Kata Kunci : pemanfaatan elearning, lingkungan belajar dan kreativitas
0 comments:
Post a Comment